Friday, 11 September 2009

lanjuttttt... saat aku browsing di official site ubuntu ternyata sudah tersedia ubuntu 9.04 jaunty jackalope. download dan jadikan keping installer ubuntu. selanjutnya aku install latitude D600 'bawaanku' dengan ubuntu 9.04

bismillah

setelah memasukkan keping di cdrom maka akan muncul step by step proses install ubuntu. setelah pilihan bahasa awal yang akan digunakan dan klik install ubuntu, ada 7 tahap yang dilalui sebelum final step dan proses installasi berjalan.

tahap 1 : wellcome
pada layar pilihan bahasa install yg akan dipakai aku pilih english.. karena bagiku lebih familiar dan gampang diikuti

tahap 2 : where are you ?
aku isi lokasi sesuai lokasi waktu (asia - jakarta)

tahap 3 : keyboard layout
yang ini aku pakai default maka aku klik forward aja

tahap 4 : prepare disk space
ada 3 pilihan tersedia, karena aku pengin setting sesuai dengan keinginan maka pilihan manually setting yang aku klik.

setelah klik forward dan komputer mengenali harddisk yang ada maka muncul layar prepare partition. klik new partition untuk membuat partisi harddisk sesuai dengan keinginan.

pertama setting swap partition. menurut informasi yg aku terima biasanya besaran untuk swap partition agar kinerja ubuntu bisa bagus adalah 2 x nilai memory yang ada. aku tulis 2048 / 2M pada kolom isian yang tersedia, dan klik partisi tersebut sebagai swap partition.

selanjutnya bikin partisi system. aku pakai seluruh sisa harddisk untuk system yang sekalian untuk data. maka isian volume tidak aku ganti, cukup dengan klik partisi tersebut sebagai root

sampai disini partisi sudah siap pakai

tahap 5 : who are you ?
muncul layar isian untuk menuliskan data user, password dan komputer name.. isi sesuai keinginan dunk.. dan password yang easy to remember biar ngga bingung waktu ditanyain password.. hehehehe

tahap 6 : ready to install
layar final check untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan sudah benar. sebenarnya masih ada kesempatan untuk mengubah bila dirasa ada yang kurang benar. karena aku yakin yang aku masukkan sudah sesuai apa yang aku inginkan maka klik isntall

proses install running, butuh sedikit waktu --maklum kan kompie-nya jadul bo-- sampai muncul windows install selesai dan klik restart now.

sampai di sini install ubuntu selesai, tinggal customisasi selanjutnya. semoga semua lancar deh

alhamdulillah

0 comments:

Quotation

Blog Archive

Breaking News

Popular Posts