Monday, 10 October 2011

Default office suite di lucid adalah OpenOffice yang semula merupakan office suite yang dikembangkan oleh komunitas open source yang dinaungi oleh SUN microsystem. Setelah SUN diakuisisi oleh ORACLE OpenOffice menjadi hak cipta ORACLE. Sebenarnya para pengembang OpenOffice ingin tetap menggunakan nama OpenOffice.org untuk melanjutkan tradisi open source bagi office suite tersebut, namun bila nantinya ORACLE mengkomersialkan product OpenOffice-nya maka pengguna OpenOffice harus mendapatkan license dari ORACLE. Selanjutnya para pengembang tersebut merintis office suite yang open source dengan nama LibreOffice (Libre [spanyol/prancis] = bebas) dan dinaungi The Document Foundation yang didukung banyak kalangan seperti Google, Canonical, The Free Foundation, Novell, Red Had,  dll.

Ubuntu yang juga berbasis open source telah mengaplikasikan LibreOffice mulai dari release 11.04. Namun begitu bagi pengguna release sebelumnya yang menginginkan menggunakan LibreOffice bisa menginstallnya melalui repo ppa dengan step sebagai berikut :
1. Remove OpenOffice
$sudo apt-get purge openoffice*.*
atau
$sudo apt-get autoremove openoffice*.*

2. Tambahkan repo ppa LibreOffice
$sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
$sudo apt-get update

3. Install LibreOffice
$sudo apt-get install libreoffice
bagi pengguna gnome install juga libreoffice-gnome
$sudo apt-get install libreoffice-gnome
bagi pengguna kde install libreoffice-kde
$sudo apt-get install libreoffice-kde


Sekarang LibreOffice sudah terinstall. Karena dikembangkan dari souce OpenOffice maka semua file OpenOffice bisa diakses oleh LibreOffice dan tentu saja kompatibel dengan Office Suite lain yang dipakai.

Silahkan coba !!!

0 comments:

Blog Archive

Breaking News

Popular Posts