Friday, 11 June 2010

istilah "april mop" membuat aku penasaran -mungkin karena aku lahir di bulan april-

April Mop yang juga di kenal sebagai April Fools' Day dalam bahasa Inggrisnya, yang diperingati setiap tanggal 1 April adalah hari dimana orang dianggap boleh berbohong, jahil, iseng atau berbuat dosa terhadap orang lain tanpa dianggap bersalah, berdosa dan hanya sebagai lelucon belaka.

Dari beberapa sumber berikut adalah risalah yang berhasil aku himpun yang -menurutku- masuk akal.

Teori pertama adalah kejadian di Perancis, sebelum abad ke-16, sebelum Paus Gregory memperkenalkan sistem penanggalan baru, tahun baru diperingati pada bulan April (kata April diserap dari bahasa Belanda "aprire" yang berarti membuka). Dalam sistem penanggalan baru, tahun dimulai dengan bulan Januari. Namun karena kurangnya sosialisasi sistem baru tersebut sehingga tidak bisa mencapai semua kalangan, sehingga masih ada sebagian orang yang tetap memperingati tahun baru di bulan April. Mereka yang memperingati tahun baru di bulan April inilah yang akhirnya diolok2 sebagai orang yang bodoh/tertipu/fool sehingga muncul istilah April Fools yang berarti orang-orang bodoh/tertipu yang memperingati tahun baru di bulan April.

Teori lain yang dimuat di Washington Post mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi Kuno. Saat itu ada perayaan kepada dewi Ceres, Dewi Panen. Konon putri sang Dewi diculik oleh Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.

Teori lain dari para agamais di Eropa yang menilai asal muasal April Mop merupakan tanggal lahir dan kematian Judas Iskariot yang menghianati Yesus, gurunya. Yudas identik dengan Iblis yang suka berdusta

Teori lain yang menyebutkan bahwa  April mop berasal dari hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib. April mop diperingati oleh mereka karena keberhasilan membantai umat islam tersebut dengan menggunakan siasat membohongi/menipu. Cerita atas teori ini adalah sebagai berikut : dahulu kala, di Spanyol para pemeluk islam mempraktekkan ajaran islam sampai dalam sendi-sendi kehidupan mereka, baik dalam bertutur maupun bertindak (termasuk berpakaian). Termasuk tidak mau mendengarkan musik, minum bir dan juga segala hal yang diharamkan dalam Islam. Kawasan eropa yang saat itu sebagian besar adalah kaum kristen merasa terganggu mencoba membersihkan islam dari kekuasaan Spanyol, namun selalu gagal. Untuk mempelajari dan mengetahui kelemahan islam, mereka mengirim pengintai ke Spanyol. Dari informasi pengintai tersebut, mereka mulai menyusun strategi untuk melemahkan muslim spanyol dan sekaligus menghancurkannya.

Dimulai dengan mengirim alkohol dan cigarette secara gratis kepada pemeluk islam. Ternyata taktik ini cukup berhasil dan melemahkan keyakinan umat Islam terutama kaum mudanya yang memang lebih mudah digoda dengan hal tersebut. Akhirnya sedikit demi sedikit kekuasaan islam di Spanyol yang sudah berjalan selama delapan ratus tahun berhasil dijatuhkan. 

Daerah terakhir yang jatuh kepada kekuasaan kaum kristen adalah Grenada (Ghornata). Umat islam yang terdesak berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara kristen masih tidak puas dan berusaha untuk menghapuskan semua umat islam beserta sendinya dari Spanyol, sehingga dibuatlah taktik untk menjebak mereka yang masih bertahan. Tentara kristen memberi pengumuman kepada kaum islam yang masih bertahan bahwa mereka diperbolehkan pergi keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluaanya dengan kapal yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Untuk menyakinkan umat islam, tentara kristen memang sudah menyiapkan kapal di pelabuhan.

Walaupun agak sangsi dengan hal tersebut dan diliputi rasa khawatir, umat islam akhirnya membuat persiapan untuk segera berlayar keluar dari Spanyol.

Tepat tanggal 1 April, saat umat islam mulai menuju ke pelabuhan, tentara kristen menyerang, menggeledah dan membakar rumah2 yang telah ditinggalkan. Selanjutnya semua kapal yang telah dipersiapkan juga dibakar. Umat islam yang sudah berada di luar semua akhirnya dibantai semua.

Akhrinya tanggal 1 April diperingati oleh tentara kristen sebagai hari kemenangan. Istilah April Mop / April fool's day adalah untuk mengolok orang islam yang telah berhasil mereka tipu dan perdaya sehingga bisa dibantai semuanya.

Dari kejadian tersebut akhirnya sebagian negara barat memperingatinya sebagai April Fool's Day, dengan istilah masing-masing. 

Di Inggris terkenal istilah April Noddie untuk menyebut orang-orang yang mudah tertipu.
Di Perancis disebut Poisson d'avril, artinya ikan April (mungkin maksudnya adalah ikan kecil yang gampang tertangkap atau tertipu)

Di Skotlandia di peringati selama 2 hari yang dinamakan April gowk, dan pada hari kedua dinamakan Taily day yang dikhususkan mengarah ke fisik seseorang pada anggota badannya.

Di Indonesia dikenal dengan istilah April Mop (Mop berasal dari bahasa Belanda yang artinya kelakar)

Bahkan terkait dengan April mop tersebut, media massa maupun dunia maya sering memperingatinya dengan berita-berita besar yang sebenarnya hanya lelucon. Di dunia maya sering terdengar April mop untuk berhati-hati akan datangnya virus yang sangat merusak yang tentu saja adalah bohongan.

Terlepas benar atau tidak, -menurut saya- tetap saja berbohong, jahil, iseng atau sebangsanya adalah perbuatan dosa karena merugikan orang lain.

0 comments:

Quotation

Blog Archive

Breaking News

Popular Posts