Thursday, 5 November 2009

Sesuai janjinya untuk melakukan rilis baru setiap enam bulan, Canonical akhirnya merilis versi terbaru Ubuntu 9.10 atau disebut Karmic Koala. Software versi terbaru baik Server Edition maupun Desktop Edition sudah dapat diunduh secara cuma-cuma mulai 29 Oktober 2009 di semua mirror Ubuntu.

"Ubuntu 9.10 memberikan alasan yang lebih banyak bagi pengguna yang akan menggunakan Linux sebagai pilihan sistem operasinya. Kami menyediakan platform bagi pengguna yang menginginkan sistem operasi yang mudah digunakan, tampilan hebat, dan cocok untuk kebutuhan web," ujar Jane Silber, Chief Operating Officer Canonical, perusahaan yang mengembangkan Ubuntu.

Dibanding versi-versi sebelumnya, Karmic Koala termasuk software yang datang dengan banyak perubahan. Menurut Jane, versi terbaru Ubuntu memiliki fitur-fitur yang lebih user friendly, waktu booting lebih cepat, dukungan audio lebih baik, dan dukungan konektifitas lebih luas.

Perubahan utama yang juga dilakukan adalah hadirnya fitur Ubuntu Software Center yang memberikan informasi semua software yang digunakan. Ini merupakan tool manajemen software untuk membantu pengguna mengatur solusi-solusi open source yang dibutuhkannya dengan lebih mudah.

Selain itu, Ubuntu 9.10 sudah mendukung Ubuntu One sebagai fitur standar. Ubuntu One merupakan layanan back up, sinkronisasi, dan sharing data secara online. Pengguna Ubuntu 9.10 bisa mengakses dengan kapasitas data hingga 2 GB secara cuma-cuma dan dapat menambah kapasitas dengan membayar.

Sementara untuk Ubuntu 9.10 Server Edition telah mendukung penuh Ubuntu Enterprise Cloud. Ini merupakan teknologi komputasi awan (cloud computing) yang memungkinkan pelaku bisnis membuat layanan cloud sendiri.

0 comments:

Quotation

Blog Archive

Breaking News

Popular Posts